Ngaji Ekologi: Ihtiar SHI untuk Gerakan Politik Hijau Indonesia

Ngaji Ekologi adalah ihtiar Sarekat Hijau Indonesia untuk memperkuat Gerakan Politik Hijau di Indonesia, terutama untuk mensegerakan terjadinya tranformasi ideologi hijau bagi kaum muda urban,Ngaji ekologi juga upaya untuk mendekatkan diri kepada anak-anak muda tentang bahayanya kerusakan lingkungan hidup saat ini. Ngaji Ekologi ini adalah program bersama yang dirancang oleh Sarekat Hijau Indonesia dan Kader Hijau Muhammadiyah (Salah satu organ kepemudaan Muhammdiyah).

Untuk pertemuan pertama ini, akan membahas soal Ecofemism: Apa itu ekofeminisme? Apa menariknya membicarakan gender mainstream, feminisme Dan ekofeminisme?

Kerusakan alam yang terjadi saat ini acapkali dikaitkan dengan ketidak mampuan manusia mengelola alam dengan cara adil Dan bijak, dunia di kelola dengan cara2 yang maskulin dan tidak humanis, dan menghilangkan posisi perempuan dalam tata kelola.

Ditengah krisis lingkungan dan meningkatkatnya konflik sumber daya alam, peran ekofem├Čnisme menjadi sangat penting, konflik lingkungan hidup menyeret perempuan dalam pusaran kualitas hidup buruk.

Ekofeminisme adalah salah satu gerakan dalam feminisme,yang melihat hubungan antara eksploitasi serta degadrasi lingkungan hidup dan subordinasi dan opresi perempuan.

Dikarenakan perempuan lebih rentan jadi korban bencana alam. Maka itu saatnya tingkatkan keterlibatan perempuan.

Keberlangsungan hidup perempuan sangat memerlukan lingkungan hidup yang sehat dan baik.

Ada pertanyaan besar untuk kita jawab bersama, khususnya perempuan!

Untuk lebih mendalami apa peran dan pentingnya ekofeminisme ini, serta bagaimana perempuan dapat menjadi subjek dalam pelestarian lingkungan.

Materi akan disampaikan oleh Ketua Umum Sarekat Hijau Indonesia, sekaligus membuka kegiatan Ngaji Ekologi ini secara perdana, rencananya ngaji ekologi akan di laksanakan di beberapa provinsi lainnya.

Ngaji ekologi juga akan dilaksanakan pada ruang-ruang publik, sperti masjid,sekolah,kampus dsb nya, sehingga ruang-ruang tersebut menjadi lebih terbuka dan termanfaatkan untik publik.(MY)